Edit Grub pada Boot List Ubuntu

Posted by Aga Putra On Senin, 26 Maret 2012 0 komentar

Apakah komputer anda mempunyai OS dual boot  atau lebih, dan anda menggunakan grub ubuntu untuk boot listnya, saya yakin anda merasa risih dengan grub ubuntu karena tidak teraturnya bootlist tersebut, nama OS yang tidak sesuai atau memtest yang tidak perlu bagi yang tidak mengerti (Termasuk saya he….he….), disini saya akan post bagaimana mengedit atau menghapus boot-boot yang tidak perlu pada grub ubuntu.
 
  • Buka Terminal Application - System tool - Terminal, jika terminal sudah terbuka masuk ke root ketik sudo su, JIka meminta Password masukan Password
 
  • Jika sudah ketik  gedit /boot/grub/grub.cfg (Bisa juga menggunakan text editor lainya seperti gedit atau Vim tapi saya lebih suka menggunakan gedit).
  • Kemudian akan keluar jendela gedit 
  • Untuk berjaga-jaga jika anda melakukan kesalahan, silahkan backup file grub.cfg di directory boot/grub/grub.cfg 
  • Silakan Anda hapus OS yang tidak perlu, ini hanya contoh! saya biasanya hanya menghapus memtest tapi karena memtest saya sudah dihapus duluan jadi saya contohkan ke OS lain contohnya : Saya ingin menghapus Atau mengganti nama OS windows “blok Teks Windows 7 seperti gambar dibawah ini. kemudian Hapus text tersebut”. 

  • Untuk Edit Text list grub Ganti text  “Windows 7 (on/dev/sda1)'’ dengan apa yang anda suka , misalnya saya akan menggantinya dengan “Microsoft Windows 7” saya hapus text “Windows 7 (on/dev/sda1)” an menggantinya dengan “Microsoft Windows 7” 
  • Untuk mengganti warna pada text cari text set menu color silahkan diganti, code warna menggunakan bahasa inggris.
  • Lalu ketikan sudo update-grub

Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar