Install Gnome-Shell di Ubuntu, Suasana Baru Pengguna Ubuntu

Posted by Aga Putra On Jumat, 02 Desember 2011 0 komentar

Gnome shell adalah teknologi baru dari desktop gnome 3, walaupun sempat menjadi perdebatan dikalangan sesepuh linux dan bahkan ditinggalkan oleh Bapak Linux, namun teknologi ini makin populer dan semakin banyak digunakan oleh pengguna linux dan tidak sedikit pula distro terbaru yang memaket gnome shell didalamnya. Tampilannya yang modern ditambah stabilitas dan kecepatan membuat gnome shell makin berkembang termasuk temanya. Dan berikut tips cara mengganti tema gnome shell di ubuntu 11.10 oneiric ocelot : Untuk pengguna Ubuntu 11.10 (oneiric ocelot) dimana secara default menggunakan unity sebagai desktop environmentnya, namun user masih bisa menginstall gnome shell ini. Tentu saja dengan menggunakan program ubuntu software center atau mungkin para maniac synaptic bisa menginstallkanya lewat synaptic namun terlebih dahulu program synaptic yang tidak disertakan di Ubuntu 11.10 harus pasang. Untuk pecinta command line, sobat juga bisa mengetikan perintah :

sudo apt-get install gnome-shell

Jangan lupa untuk memasang pula gnome tweak tool yang berfungsi untuk mengganti tema gnome 3 :

 sudo apt-get install gnome-tweak-tool

Dan setelah proses instalasi gnome shell selesai, sobat bisa logout dan memilih gnome sebagai desktop manager saat login kembali.


Nah.. tentu setelah login sobat tidak akan mendapati desktop unity, namun akan tampil desktop gnome 3. Nah.. sekarang sobat bisa dengan leluasa mencari tema gnome shell atau tema gnome 3 (gtk3) di google. Sebagai contoh saya menggunakan tema Ambiance Blue yang dapat diunduh disini. Ini contoh tampilannya :


 Ambiance Blue di Gnome 3

Setelah selesai di install sobat bisa extrak file tersebut dan mengcopy ke /usr/share/theme serta mengcopy folder gnome shell ke /usr/share/gnome-shell/theme.
Setelah selesai sobat buka program gnome tweak tool, lalu pilih tab Theme dan ganti theme default menjadi tema Ambiance Blue.

Mengganti Tema Gnome 3 dengan Gnome Tweak Tool
Biasanya untuk tema akan langsung berubah, kecuali untuk gnome shell, sobat perlu menekan kombinasi tombol Alt+F2 lalu masukan hurup r dan enter atau sobat juga bisa logout terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar