Mematikan Lampu Flashdisk Ketika Safety Remove (Win 7)

Posted by Aga Putra On Selasa, 13 Desember 2011 0 komentar
Asal Cabut…. Kebanyakan orang tak mempedulikan apakah HDD/Flashdisk sudah di Safety remove atau belum. Padahal itu sangat mempengaruhi tingkat umur Hardware itu sendiri, dan keamanan data di dalamnya. Sekalipun mereka tahu terkadang tidak memperhatikan apakah HDD/FD sudah benar-benar dalam keadaan off?. Biasanya HDD/FD yang sudah off ditandai dengan matinya lampu indikator di HDD/FD tersebut. Untuk yang menggunakan Windows XP masalah ini bisa di atasi, tapi bagaimana dengan windows 7 ?
Kali ini saya akan mengulas bagaimana cara mematikan lampu indikator di flashdisk atau harddisk eksternal ketika di eject melalui Safety Remove Hardware ketika menggunakan OS windows 7 . Ini adalah salah satu bug Windows 7. Namun tidak perlu khawatir karena Microsoft telah mengeluarkan penyelesaian masalah ini.
Berikut langkah yang dilakukan untuk mengatasinya (karena menyangkut utak-atik registry penulis menyarankan untuk membackup terlebih dahulu registry-nya sebelum menjalankan trik di bawah):
  1. Buka Registry Editor. ketik (windows + r) ketikan 'regedit' tanpa tanda petik.
  2. Carilah ke lokasi berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\usbhub
  3. Buat key baru dengan nama ‘HubG’ tanpa petik jadi seperti berikut:  HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\usbhub\HubG
  4. Klik kanan HubG>New DWORD (32bit) Value dan isi denganDisableOnSoftRemove’ tanpa petik.
  5. Klik kanan pada DisableOnSoftRemove>Modify, dan isikan dengan nilai ‘1’ tanpa petik.
  6. Selesai.
Sekarang saat kita melakukan Safely Remove Hardware maka lampu indikatornya akan ikut mati. Langkah diatas adalah untuk melakukan settingan semua device USB yang melakukan koneksi ke komputer kita. Kita dapat saja melakukan setting untuk device tertentu saja.

Selamat Mencoba

0 komentar:

Posting Komentar